Rabu, 29 November 2017

BAGIAN-BAGIAN SISTEM



BAGIAN-BAGIAN SISTEM
Oleh : Risky Andita Putri
NPM : 19514507 
 
A.    Elemen sistem
Menurut Amsyah (2005) modul sistem terdiri dari empat subsitem, yaitu:
1.      Masukan
Segala sesuatu yang masuk ke dalam sistem dan selanjutnya menjadi bahan yang diproses.
2.      Pengolahan
Bagian yang melakukan perubahan atau transformasi dari masukan menjadi keluaran yang berguna dan lebih bernilai.
3.      Keluaran
Merupakan hasil dari pemrosesan. Pada sistem informasi. Keluaran bisa berupa suatu informasi, saran, cetakan laporan, dan sebagainya.
4.      Umpan balik/ kontrol
Mekanisme pengendalian (control mechanism) diwujudkan dengan menggunakan umpan balik (feedback), yang mencuplikan keluaran. Umpan balik ini digunakan untuk mengendalikan baik masukan maupun proses. Tujuannya adalah untuk mengatur agar sistem berjalan sesuai dengan tujuan.

B.     Karakteristik sistem
Menurut Hutahaean (2015) Sistem itu dikatan sistem yang baik, jika memiliki karakteristik yaitu:
1.       Kompenen
Suatu sistem terdiri dari komponen-komponen yang saling berinteraksi, yang artinya saling membentuk satu kesatuan. Komponen sistem terdiri dari komponen yang berupa subsistem atau bagian-bagian dari sistem.


2.      Batasan sistem (Boundary)
Merupakan daerah yang membatasi anatara suatu sistem dengan sistem yang lain atau dengan lingkungan luarnya. Batasan sistem ini memungkinkan suatu sistem dipandang sebagai suatu kesatuan. Batasan suatu sistem menunjukkan ruang lingkup dari sistem tersebut.
3.      Lingkungan luar sistem (environtment)
Diluar batas dari sistem yang mempengaruhi operasi sistem. Lingkungan dapat bersifat menguntungkan yang harus tetap dijaga dan yang merugikan harus dijaga dan dikendalikan, kalau tidak akan mengganggu kelangsungan hidup dari sistem.
4.      Penghubung sistem (interface)
Penghubung sistem merupakan penhubung antara satu subsistem dengan subsistem lainnya. Melalui penghubung ini memungkinkan sumber-sumber daya mengalir dari subsistem ke subsistem lain. Keluaran (output) dari subsitem akan menjadi masukan (input) untuk sistem lain melalui penghubung.
5.      Masukan sistem (input)
Masukan adalah energy yang dimasukan kedalam sistem yang dapat berupa perawatan (maintenance input), dan masukan sinya (signal input). Maintenace input adalah energy yang dimasukan agar sistem dapat beroperasi. signal input adalahenergy yang diproses untuk didapatkan keluaran. Contoh dalam sistem computer program adalah maintenance input sedangkan data adalah signal input untuk diolah menjadi informasi.
6.      Keluaran sistem (output)
Hasil energy yang diolah dan diklasifikasikan menjadi keluaran yang berguna dan sis pembuangan. Contoh komputer menghasilkan panas yang merupakan sisa pembuangan sedangkan informasi adalah keluaran yang dibutuhkan.
7.      Pengolahan sistem
Suatu sistem menjadi bagian pengolah yang akan merubah masukan menjadi keluaran. Sistem produksi akan mengolah bahan baku menjadi bahan jadi, system akuntansi akan mengolah data menjadi laporan-laporan keuangan.
8.      Sasaran sistem
Suatu sistem mempunyai tujuan (goal) atau sasaran (objective). Sasaran dari sistem sangat mementukan input yang dibutuhkan sistem dan keluaran yang akan dihasilkan sistem  

C.    Model sistem psikologi
Penggunaan tes psikologi secara virtual, penggunaan eye-tracking dan yang terbaru adalah teknologi virtual reality yang memungkinkan seseorang untuk mengurangi bahkan menyembuhkan gangguan psikologis seperti ADHD, PTSD (Post Traumatic Stress Disorder), dan beragam phobia. Contoh ratanya adalah banyaknya tes-tes psikologi yang dulu diberikan secara manual sudah bisa dikomputerisasi seperti Papikostik, hal ini merupakan kerjasama antara bidang ilmu komputer dan psikologi yang pada akhirnya bermanfaat untuk peningkatan kualitas tes psikologi itu sendiri.





DAFTAR PUSTAKA
Amsyah, Z. (2005). Manajemen sistem informasi. Jakarta: PT. Gramedia pustaka umum
Hutahaean, J. (2015). Konsep sistem informasi. Yogyakarta: Deepublish Publisher
https://www.google.com/amp/s/sintawonnie.wordpress.com/2012/10/16/sistem-informasi-psikologi/amp/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar